Rahasia Air Zam-zam yang Kaya Manfaat dan Penuh Berkah

Kategori : Features, Ditulis pada : 11 Januari 2021, 14:34:12

Jika mengunjungi tanah suci, tak lengkap rasanya jika tidak membawa air Zam-zam sebagai buah tangan saat pulang ke Indonesia. Ya, hal ini disebabkan air Zam-zam hanya dapat Anda jumpai di Makkah, tepatnya dari sumbernya yaitu sumur Zam-zam yang terletak di sekitar Masjidil Haram. Zam-zam disebut sebagai air suci bagi umat Islam karena memiliki banyak keistimewaan.

Bagi Anda yang penasaran, apa sih keistimewaan air Zam-zam dibanding dengan air dari sumber lain? Berikut ini akan kita bahas secara lengkap apa itu air Zam-zam dari proses asal mula hingga keistimewaan dan khasiat dari air yang oleh Rasulullah disebut bisa menjadi penawar segala macam penyakit ini. Yuk simak hingga akhir!

Asal-Usul Air Zam-zam

Sejarah munculnya air Zam-zam pertama kali adalah saat peristiwa Siti Hajar mencarikan air untuk Ismail kecil yang sedang kehausan. Siti Hajar berusaha mencari sumber air dari bukit Shafa sampai ke bukit Marwah, namun tidak kunjung menemukannya. Ia hanya melihat fatamorgana, seperti genangan air dari kejauhan tapi tak ia temukan ketika ia mendekatinya. Siti Hajar harus bolak-balik sebanyak 7 kali, yang nantinya peristiwa ini diabadikan sebagai salah satu rukun dalam ibadah haji serta umrah yang dikenal dengan rukun Sa’i.

34.jpg

Photo by Amadej Tauses on Unsplash

Setelah tujuh kali bolak-balik, kemudian muncul sumber mata air dari arah yang tidak disangka-sangka yaitu di bawah kaki Ismail yang dia hentak-hentakkan. Siti Hajar memanjatkan syukur kepada Allah karena telah mencurahkan kasih sayang pada mereka dalam wujud sumber air tersebut.

Nama air Zam-zam diambil dari bahasa Arab yang artinya banyak, melimpah ruah. Ada juga yang berpendapat bahwa nama ini|Zam-zam) diambil dari ucapan Siti Hajar ketika air Zam-zam mulai memancar dari kaki Ismail kecil, bila terus memancar tak dapat dibendung maka seluruh kota Makkah akan tenggelam karenanya.

Lalu, Siti Hajar berkata, “Zamzam, Zamzam” yang artinya ‘kumpullah, kumpullah’ sehingga air Zam-zam keluar secukupnya saja sesuai yang dibutuhkan. Bahkan sumber air tersebut tak pernah kering sejak 4000 tahun yang lalu hingga hari ini, bisa memenuhi kebutuhan penduduk Makkah serta para jamaah haji dan umrah yang sedang menunaikan ibadah di tanah suci.

Anda bisa menemukan sumur air Zam-zam ini di sebelah timur Ka’bah atau kurang lebih 21 meter dekat halaman Masjidil Haram. Sumur ini disinyalir tidak pernah kering kecuali dalam kondisi tertentu, karena resevoir tetap terhubung dengan air tanah yang terbarukan. Sumber air sumur Zam-zam asalnya dari endapan air hujan di kota Makkah yang terbentuk selama jutaan tahun. Terdapat endapan sungai sedalam 14 meter dikarenakan oleh air hujan dari pegunungan yang mengalir ke dataran rendah.

Sumur zam-zam digali dengan tangan sedalam kurang lebih 30,5 meter. Untuk mengangkat airnya, menggunakan pompa listrik  yang memompa air dari dalam sumur. tak sembarang orang diizinkan masuk area sumur air Zam-zam ini, jamaah hanya diizinkan mengambil air dari kran-kran yang tersedia di luar ruangan. Ohya, air Zam-zam ini bisa langsung dikonsumsi tanpa direbus terlebih dahulu lho! Jadi dapat langsung diminum dari kran-kran yang tersedia. 

Kelebihan dan Khasiat Air Zam-zam

Seperti yang disebutkan di atas, air Zam-zam merupakan air yang istimewa bagi umat Islam. Menurut sejarahnya, air ini merupakan air yang dipakai minum oleh Nabi Ismail. Dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa air Zam-zam digunakan untuk mencuci hati Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh malaikat Jibril.

Dalam tafsir Syaikh Asy-Syaukani Rahimahullah tentang hadits Rasulullah tentang air Zam-zam yaitu “Air Zam-zam tergantung dari tujuan seorang) yang meminumnya”, maka hal tersebut|ini) menjadi dalil bahwa air Zam-zam dapat memberikan manfaat sepadan dengan niat masing-masing yang meminumnya. Baik manfaat secara lahiriah atapun ukhrawi.

35.jpg

Photo by Manki Kim on Unsplash

Air Zam-zam bisa menjadi obat dari berbagai macam penyakit. Hal ini tidak hanya asumsi belaka, tetapi telah diteliti oleh para ilmuwan yang menjelaskan bahwa air Zam-zam memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan jasmani manusia.

Nama Lain Air Zam-zam

Nah, dari banyaknya manfaat air Zam-zam terdapat beberapa sebutan nama lain dari air Zam-zam. Misalnya Syaba’ah atau Tha’amu Tha’min yang artinya mengenyangkan, yaitu bagi seseorang yang minum air Zam-zam akan merasa kenyang. Syifa’ Saqamin yang memiliki arti menyembuhkan penyakit serta ‘Afiyah yang artinya sehat. Hal ini dipertegas oleh Rasulullah dalam salah satu haditsnya yang menyebutkan bahwa air Zam-zam bisa menyembuhkan penyakit atas izin Allah. Untuk yang ingin berikhtiar sembuh dari penyakit bisa mencoba lewat perantara air Zam-zam sebagai obatnya.

Selanjutnya adalah Nafi’ah yang artinya bermanfaat, karena banyaknya manfaat dari air Zam-zam ini tidak hanya untuk fisik namun juga ruhani seperti menguatkan hati dan menghilangkan ketakutan. Barrah yang berarti kebaikan dan Madhmumah yang artinya bagus. Air Zam-zam ini hadir di tengah-tengah bangsa Arab agar penduduk juga orang-orang yang mengunjunginya senantiasa berbuat kebaikan. Allah juga mencegah mereka untuk melakukan kemaksiatan.

Ada juga yang menyebutnya sebagai Murwiyah (penyegar) dan Mu’zhibah (pelepas dahaga) karena air Zam-zam dapat menghilangkan dahaga yang menyegarkan seluruh anggota badan. Sehingga ia disebut juga Kafiyah yang berarti mencukupi, membuat orang yang meminumnya akan terasa cukup dan puas setelahnya.

Air Zam-zam juga penuh berkah seperti namanya Maimunah. Terbukti dari zaman nabi Ibrahim air zamzam telah mencukupi kehidupan Ismail dan Siti Hajar, juga kaum setelahnya. Dari sanalah tercipta suatu peradaban Islam yang agung, yang di bawa oleh Rasulullah. Itu dia beberapa nama lain dari air Zam-zam yang ternyata menyimpan banyak manfaat dan keberkahan.

36.jpg

Photo by Manki Kim on Unsplash

Pada dasarnya, air Zam-zam dapat Anda dapatkan secara gratis dengan mengambil langsung dari kran yang disediakan, namun Anda tidak bisa membawa air Zam-zam ke dalam koper Anda di dalam bagasi pesawat karena bisa berbahaya. Namun, jangan khawatir. Biasanya, para jamaah yang kembali dari haji atau umrah akan diberikan fasilitas air Zam-zam dalam kemasan galon sejumlah 5 liter dari pihak penyelenggara haji dan umrah..

Itulah tadi uraian tentang keistimewaan dan manfaat dari air Zam-zam yang jarang diketahui. Sebagai muslim, tentunya Anda ingin mencicipi bagaimana rasanya minum air Zam-zam secara langsung di Baitullah. Semoga dimudahkan dalam menjalankan ibadah haji dan umrah bagi kita semua)).

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id